Museum kota Denpasar bisa anda kunjungi jika anda ingin wisata dengan nuansa bersejarah. Bali tidak hanya menyediakan pantai-pantainya untuk dikagumi para turis yang datang, tetapi juga aneka spot wisata lain seperti museum misalnya. Bagi yang belum tahu, museum yang berada di kota Denpasar, terletak di jalan Mayor Wisnu. Tepatnya di sebelah timur lapangan Puputan, Badung.

Musium kota Denpasar dan koleksinya

Museum yang ada di Denpasar ini adalah museum pertama sekaligus menjadi museum tertua di Bali. Museum ini adalah cikal bakalnya kelahiran museum-museum lain yang ada di Bali. Museum ini mempunyai banyak koleksi barang-barang peninggalan dari jaman prasejarah hingga kini. Museum ini juga memiliki cerita yang menarik sebelum diresmikan.

Pemikiran awal pendirian museum kota Denpasar ini terjadi pada tahun 1910 silam. Pemikiran perdana tersebut melibatkan banyak pihak antara lain, pejabat dari pemerintahan Belanda, pihak Raja Bali, pemuka masyarakat setempat, dan arsitek dari Jerman. Lalu didirikanlah bangunan utama yang selesai pada tahun 1925. Saat itu koleksi museum ini belum memadai, sehingga mulaidari tahun 1925 hingga tahun 1932, bangunan museum lebih banyak difungsikan sebagai ruang pameran.

Status kepemilikan dari Belanda ke Indonesia terjadi pada tanggal 5 Januari 1966. Anda bisa mengajak serta putra dan putri anda berkunjung ke museum ini untuk mempelajari tentang barang-barang peninggalan sejarah. Jadi tidak hanya sekedar refreshing namun tetap belajar dan mengerti tentang sejarah.

Benda-benda yang ada di museum ini bercirikan arca-arca batu, peti mati kuno atau biasa disebut dengan sarkofagus, stupika tanah liat, arca-arca perunggu, keris, kain endek, dan barang-barang untuk upacara adat Bali lainnya. Tiket masuk ke museum ini pun tidak mahal, karena untuk orang dewasa tarifnya sekitar 5000 rupiah untuk turis dalam negeri dan 10.000 rupiah untuk turis mancanegara. Dan untuk anak-anak, akan lebih murah lagi, yaitu 2.000 rupiah untuk turis dalam negeri dan 5.000 rupiah untuk turis mancanegara.

Namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Tapi tiket masuk museum kota Denpasar ini tetap lebih murah dibanding tiket masuk spot wisata yang lain. Sehingga sayang bukan untuk dilewatkan? melihat benda prasejarah yang sarat akan nilai budaya namun dengan harga tiket yang terjangkau.


Selamat berlibur :)
Protected by Copyscape Plagiarism Tool

Peta wisata musium kota Denpasar