Gunung Batur adalah gunung berapi yang ada di Bali. Gunung berapi ini masih aktif hingga sekarang. Jikalau Anda pergi ke danau Kintamani pasti melihat Gunung Batur tersebut, lokasinya bisa ditemui di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli di pulau Bali yang indah. Karena termasuk gunung berapi aktif, gunung ini sering kali meletus.

Letusan pertama terjadi pada sekitar tahun 1804 silam, dan letusan terakhir pada tahun 2000. Letusan memang seringkali terjadi, letusan yang paling parah ada saat tanggal 2 Agustus hingga 21 September 1926. Akibat dari letusan gunung ini yang dicatat paling dahsyat adalah banyak lava yang menimbun desa Batur dan Puri Ulun Danu Batur. Tinggi gunung berapi diperkirakan sekitar 1.717 meter diatas permukaan laut. Warna gunung ini jika dipandang dari kejauhan adalah kehitam-hitaman.

Sejarah gunung Batur

Gunung berapi aktif, gunung Batur memiliki sebuah sejarah yang cukup menarik jika diketahui. Gunung ini menurut beberapa penuturan, sebenarnya adalah puncak dari gunung Mahameru. Puncak gunung Mahameru menurut cerita dipindahkan oleh seorang orang sakti yang bernama Bathara Pasupati. Dia memindahkan puncak gunung Mahameru ke wilayah yang sekarang dengan tujuan ingin membangun sebuah istana untuk Dewi Danu.

Karena itu masyarakat Bali beragama Hindu akan mendatangi tempat ini saat hari-hari tertentu untuk menghormati keduanya, Bathara Pasupati dan Dewi Danu. Masyarakat Hindu di Bali berharap kesuburan dan kemakmuran dari mereka berdua.

Tanah yang subur

Gunung ini nyatanya memang subur dan makmur. Hal ini bisa dilihat dari air danau yang melimpah, hasil bumi yang beraneka ragam, berkembangnya wilayah ini sebagai tempat wisata di Bali. banyaknya turis baik asing maupun dalam negeri yang berkunjung, membuat kawasan sekitar gunung Batur menggeliat. Pertumbuhan tempat-tempat penginapan dan tempat makan semakin bertambah untuk memenuhi kebutuhan turis yang datang berkunjung ke kawasan tersebut.

Pemandangan yang indah adalah magnet tersendiri bagi kawasan gunung dan danau Batur ini. suasananya yang masih alami dan tidak seramai kawasan lain membuat tempat wisata ini difavoritkan oleh turis-turis yang lebih menyukai ketenangan. Anda tertarik berkunjung kesini dalam waktu dekat?.

Selamat berlibur :)
Protected by Copyscape Plagiarism Tool

Rute dari Denpasar ke gunung Batur, Kintamani